Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

DEMI WAKTU, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali yang beriman dan beramal shaleh...

Mentoring Agama Islam

Written By arumanis group on Kamis, 22 September 2011 | 21.41

Mentoring Activity: Ngengsreng
Mentoring Agama Islam adalah kegiatan pendidikan dan pembinaan Agana Islam dalam bentuk pengajian kelompok kecil yang diselenggarakan rutin tiap pekan dan berkelanjutan. Kegiatan ini dianggap menjadi salah satu metode pendekatan pembinaan agama dan moral yang efektif, karena cara dan bentuk pengajarannya yang berbeda dengan pendidikan agama secara formal di kelas-kelas sekolah. Di beberapa sekolah dan daerah, kegiatan ini terbukti dapat mencegah tawuran pelajar sekolah.
beberapa sekolah dan universtias telah menyelenggarakan proses mentoring dengan legal. legal disini artinya proses mentoring terpantau, terstruktur dan terukur.
Mentoring yang terpantau artinya proses mentoring agama islam dapat dipantau setiap saat oleh siapapun yang berkepentingan. pemantauan terkait dengan aktivitas mentoring, tempat, materi dan lainnya yang berhubungan dengan mentoring. Terpantaunya mentoring ini penting untuk menurunkan keresahan kalau mentoring selama ini dipersepsikan oleh beberapa orang digunakan untuk pengkaderan aliran sesat, islam ekstrim sampai partai politik. memantau mentoring tidak cukup hanya dengan memantau kegiatan berdasarkan materi lebih dari itu adalah hasil keluaran dari mentoring itu sendiri yang menjadi titik tekan. hasil output yang baik menunjukkan mentoring berjalan dengan baik.
Mentoring yang terstruktur artinya proses mentoring agama islam dilakukan secara terstruktur. terstruktur dalam hal personil, silabus, paramater evaluasi, kelompok, dll. Struktur kelembagaan mentoring adalah yang paling berperan dalam proses mentoring. Dalam pembagian deskripsi kerja, seringkali tipoksi tidak jelas yang akhirnya terjadi tumpang tindih pekerjaan yang dibebankan pada 1 orang. Kelembagaan Mentoring sedikitnya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, dan 3 bidang yaitu bidang SDM, bidang pendidikan dan bidang litbang. Ketua bertugas mengkoordinasikan mentoring dengan pihak birokrasi kampus/sekolah. selain itu ketua bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan mentoring. Sekretaris bertugas dalam bidang surat menyurat dan kearsipan. Arsip adalah sesuatu yang penting yang sering dilupakan. selain bertugas, sekretaris juga berperan sebagi wakil ketua. Bendahara bertugas mengelola keuangan dan kerumahtanggaan mentoring. mengelola keuangan termasuk mencari sponsor untuk kegiatan mentoring. Bidang SDM bertanggungjawab atas kuantitas dan kualitas tentor, selain itu juga bertanggungjawab atas forum tentor. Bidang Pendidikan bertanggungjawab atas silabus mentoring dan bertanggungjawab atas pelaksanaan ujian dan pengolahan nilai sampai ke pihak birokrasi. Bidang Litbang bertanggungjawab atas suplemen mentoring dan bertanggungjawab atas riset dan pengembangan mentoring.
Mentoring yang terukur artinya pelaksanaan mentoring harus mempunyai parameter yang jelas dalam evaluasinya. Capaian output mentoring juga harus terukur dan diklasifikasikan berdasarkan kriteria tertentu. mengukur capaian mentoring penting untuk regenerasi tentor dan stabilitas proses mentoring.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar