Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

DEMI WAKTU, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali yang beriman dan beramal shaleh...

Pengembangan Ekonomi Lokal Kab. Banyumas

Written By arumanis group on Senin, 17 Oktober 2011 | 22.47

Foto: FGD hasil penelitian
Tahun 2011, Bappeda Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Unsoed dalam hal ini diwakili oleh Prof. Dr. Agus Suroso MS memetakan potensi sektor unggulan yang ada di Kabupaten Banyumas. Data yang dianalisis adalah data PDRB per sektor usaha dan subsektor. Dengan Menggunakan Analisis Local Quetion (LQ), maka hasilnya didapat komoditas unggulan per sebsektor adalah sebagai berikut;




Sub sektor:
Produk/Komoditi
Keterangan
Tanaman pangan
Padi sawah
Ketela pohon
Padi ladang
Kacang kedelai
Basis
Basis
Basis
Basis
Sayur-sayuran
Kangkung
Kacang panjang
Terong
Bayam
Basis
Basis
Basis
Basis
Tanaman perkebunan
Kelapa deres

Pala


Nilam  
Basis, menyokong industri gula merah
Basis, perlu diversivikasi produk untuk meningkatkan nilai tambah
Non basis tetapi masih potensial didorong produksinya mengingat luasnya pasar
Buah-buahan
Petai
Rambutan
Melinjo
Nangka
Duku
Jeruk siem
Jambu air
Sukun
Sawo
Sirsak
Anggur
Seluruhnya merupakan sub sektor basis, namun perlu diversivikasi produk untuk memperoleh nilai tambah yang tinggi.

Peternakan
Ayam pedaging


Ayam petelur
Basis, menyokong industri kuliner yang tumbuh sangat pesat
Basis, menyokong industri kuliner yang tumbuh sangat pesat
Perikanan
Perikanan kolam


Perikanan sawah
Basis, termasuk di dalamnya adalah perikanan gurami dan ikan air tawar lainnya
Basis
Industri pengolahan
Gula merah


Minyak atsiri





Batik Banyumas
Perlu penguatan produk dan perlu mencari peluang memasuki pasar-pasar baru
Peluang pasar luas dan sumber minyak atsiri tidak hanya nilam, sehingga bisa mendorong komoditi yang bisa disuling menjadi minyak atsiri
Merupakan salah satu ikon produk khas Kab. Banyumas.  Setiap daerah/kab saat ini mengembangkan produk batik lokal sehingga persaingan sangat kompetitif.
Pariwisata
Upaya pemasaran destinasi wisata yang sudah ada untuk menciptakan brand image yang kuat

Non basis tetapi masih sangat terbuka dikembangkan mengingat potensi dan multiplier effectnya yang besar dalam menggerakan perekonomian lokal. 
Pengembangan produk wisata baru dan menciptakan link antar destinasi wisata yang sudah ada sehingga tercipta Kab. Banyumas sebagai salah satu destinasi wisata yang kaya dan luas.

Kedepan diharapkan hasil kajian ini bisa bermanfaat dan direalisasikan dengan pengembangan subsektor unggulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar